Blog

MENGAPA MENGGUNAKAN METODE LEGO® SERIOUS PLAY®?

Kita pernah menyinggung tentang metode LEGO® SERIOUS PLAY® yang merupakan konsep anti mainstream dari yang selama ini ada di organisasi, yang begitu efektif memancing kreatifitas setiap partisipan. Yaitu pemecahan masalah dengan berfokus pada action, do first, then think. Let your hand do the think. Konsep ini dilatarbelakangi keyakinan bahwa sesungguhnya kita mengetahui lebih banyak hal dari sekedar yang selama ini (kita pikir) kita tahu. Hanya dengan mengartikulasikan apa yang kita ketahui dan bisa kita bayangkan, kita sungguh-sungguh mengupayakan perubahan yang konsisten dengan nilai-nilai kita. Ini merupakan cara yang efisien untuk mengoptimalkan pengetahuan yang ada.

SOP, Bakar Saja!

Dalam layanan pelanggan, desain SOP sedetail dan seketat apa pun akan kalah oleh kebutuhan dan harapan pelanggan. Sebab, bahan bakar penggerak layanan pelanggan adalah niat tulus untuk membantu. Akan tetapi, pengalaman sebagai pelanggan juga mengajarkan bahwa tidak semua perusahaan atau petugas mau berbaik hati mengkaji ulang SOP-nya demi kenyamanan pelanggan. Akan selalu ada figur yang taat terhadap peraturan dan SOP. Begitu taatnya mereka sehingga baginya tidak ada pelanggan yang berada di atas SOP. Semua harus tunduk, bahkan manager pun boleh berlindung di balik SOP. Pelanggan mau mengamuk, ya terserah. Yang penting dia sudah menjalankan SOP. The Freezer. Padahal yang kita harapkan adalah memiliki dan bertemu dengan seorang petugas layanan pelanggan berkualitas atau quality customer service officer. Lalu apakah itu berarti SOP tidak penting untuk dimiliki setiap unit? Menurut kami, itu tergantung pada apa fungsi SOP itu sendiri.
 

How to Make Yourself Work When You Just Don’t Want To (Cara “memaksa” diri Anda...)

There’s that project you’ve left on the backburner – the one with the deadline that’s growing uncomfortably near. And there’s the client whose phone call you really should return – the one that does nothing but complain and eat up your valuable time. Wait, weren’t you going to try to go to the gym more often this year?
(Ada proyek yang Anda biarkan berkembang menjadi bahaya - proyek dengan batas waktu yang sangat dekat. Dan ada klien yang panggilan teleponnya benar-benar harus Anda balas - klien yang hanya mengeluh dan memakan waktu berharga Anda. Tunggu dulu, bukankah Anda mencoba pergi ke gym lebih sering tahun ini?)

 

International Partners